Salma, Ummu (2009) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG KELAS VIII DI SMPN 1 DUKUN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (47kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (828kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan ilmu yang obyeknya adalah abstrak, yang menuntut peserta didik menggunakan daya nalarnya sehingga konsep matematika dapat dipahami dengan benar dan bermakna, sebab fondasi matematika adalah penalaran. Materi matematika dan penalaran matematika merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, yaitu materi matematika dipahami melalui penalaran dan penalaran dilatih melalui belajar materi matematika. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuannya, pendekatan tersebut adalah pendekatan konstruktivistik, yaitu suatu pendekatan yang menuntut siswa untuk aktif membangun pengetahuan yang ada dalam pikiran mereka dan dibangun melalui proses asimilasi dan akomodasi. Jenis penelitian ini adalah komparatif yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik pada materi pokok bangun ruang kelas VIII di SMPN 1 Dukun Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Dukun Gresik tahun pelajaran 2008/2009. Sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIII-C yang berjumlah 27 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D yang berjumlah 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen postest random terhadap subyek yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes, sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal tes. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik uji perbedaan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data uji t diperoleh nilai sig (0,0005) < α (0,05), dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik pada materi pokok bangun ruang kelas VIII di SMPN 1 Dukun Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematika, Pendekatan Konstruktivistik, Bangun Ruang |
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Users 679 not found. |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 03:04 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 03:04 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4261 |
Actions (login required)
View Item |