Yusfeni, Mimin (2008) PENERAPAN METODE PEMBAGIAN MENURUN DENGAN BILANGAN PRIMA PADA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV DI SDN KAMBINGAN CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (20kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Dalam mempelajari matematika, penggunaan metode penyelesaian yang sesuai dengan kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah atau suatu soal matematika merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi tertentu. Oleh karena itu, sebagai seorang guru hendaknya senantiasa memberikan beberapa alternatif metode penyelesaian dalam mengerjakan suatu soal dalam materi tertentu. Hal ini dikarenakan perbedaan kemampuan siswa dalam menerapkan suatu metode penyelesaian. Adapun dalam materi KPK dan FPB terdapat beberapa penyelesaian, diantaranya yaitu metode pembagian menurun dengan bilangan prima. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika pada materi KPK dan FPB setelah diterapkan metode pembagian menurun dengan bilangan prima kelas IV di SDN Kambingan Cerme. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode pembagian menurun dengan bilangan prima. Dalam penelitian ini menggunakan sampel total karena siswa kelas IV di SDN Kambingan berjumlah 17 siswa, sehingga penelitian ini meneliti seluruh populasi kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes, sehingga dihasilkan data hasil belajar siswa dan kemudian dianalisis dengan uji-t berpasangan berbantuan SPSS versi 12. Karena metode pembagian menurun baru diterapkan, maka peneliti juga mengambil data respon siswa terhadap metode ini melalui penyebaran angket yang kemudian dianalisis dengan mencari prosentasenya. Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada materi KPK dan FPB yakni dari rata-rata hasil ulangan harian sebesar 67,94 menjadi 77,06. Sedangkan dari hasil angket menunjukkan bahwa siswa merespon baik terhadap pembelajaran metode pembagian menurun dalam materi KPK dan FPB, hal ini diperoleh dari pengkategorian prosentase jawaban respon positif terhadap setiap item pentanyaan yang diajukan yakni sebesar 84,71 %.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembagian menurun, bilangan prima, hasil belajar |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Users 679 not found. |
Date Deposited: | 01 Dec 2020 03:44 |
Last Modified: | 01 Dec 2020 03:44 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4291 |
Actions (login required)
View Item |