Mushoffah, Aisyatul (2009) PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH 1 DUKUN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pendidikan saat ini hendaknya didasarkan pada tingkat kualitas dan kemampuan guru dalam menggunakan berbagai strategi pembelajaran. Seorang guru hendaknya menerapkan metode pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar aktif dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan konsep-konsep matematika yang telah dipelajari sebelumnya, sehingga peserta didik dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematikanya. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran matematika adalah pembelajaran Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah komparatif yang bertujuan untuk mengetahui bahwa ada peningkatan kemampuan koneksi matematika peserta didik melalui pembelajaran Problem Solving pada sub materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang di kelas VII MTs. Muhammadiyah 1 Dukun Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah 1 Dukun Gresik tahun pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B. Sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VII-A yang berjumlah 41 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B yang berjumlah 41 peserta didik sebagai kelas eksperimen.. Rancangan penelitian yang digunakan adalah postest terhadap kelas ekperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes, sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal tes. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah uji perbedaan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data uji t diperoleh nilai sig (0,0175) < α (0,05), yang berarti bahwa ada peningkatan kemampuan koneksi matematika peserta didik melalui pembelajaran Problem Solving pada sub materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang di kelas VII MTs. Muhammadiyah 1 Dukun Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematika, Problem Solving, Persegi, Persegi Panjang |
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Users 679 not found. |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 07:57 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 07:57 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4309 |
Actions (login required)
View Item |