PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI MI NURUL ULUM SIDOMUKTI BUNGAH GRESIK

ANIS, SAIFUL (2009) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI MI NURUL ULUM SIDOMUKTI BUNGAH GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (136kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan merupakan figur yang utama terhadap corak kepribadian seseorang dikemudian hari. Tanpa pendidikan manusia tidak akan berjalan pada arah tujuannya. Begitu juga dalam hal agama seseorang tidak akan mempunyai pegangan tanpa agama, hal itulah yang penting dalam kehidupan manusia selama masih diberi kesempatan untuk hidup, dengan pendidikan manusia akan dapat merubah sikap dan moral. Pendidikan merupakan masalah yang penting bagi setiap manusia, lebih-lebih oleh bangsa yang membangun. Oleh karena itu pembangunan mutu pendidikan harus kita tingkatkan bersama, baik bagi pemerintah, masyarakat maupun orang tua sendiri. Hal ini mengingat dunia pendidikan telah mengalami banyak kemajuan seperti dibidang pengetahuan dan teknologi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan orang tua dengan prestasi pelajaran Aqidah Akhlaq siswa di MI. Nurul Ulum Sidumukti Bungah Gresik. Berdasarkan analisis data dapat ditarik kesimpulan yaitu Pendidikan orang tua siswa kelas IV, V, VI MI Nurul Ulum Sidomukti Bungah Gresik yang menjadi obyek penelitian adalah yang lulusan SD/MI terdapat 13 orang, yang lulusan SMP/Mts terdapat 19 orang, yang lulusan SMU/MA terdapat 47 orang dan yang luluisan sarjana terdapat 13 orang. Prestasi pelajaran Aqidah Akhlaq siswa MI Nurul Ulum Sidomukti Bungah Gresik rata-rata Kelas IV yaitu 7,58, Kelas V yaitu 7,52, dan kelas VI yaitu 7,50. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif yaitu thitung > ttabel yaitu 7,533 > 1,658, yang berarti antara jenjang pendidikan orang tua dengan prestasi belajar anak. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi pengetahuan atau pendidikan orang tua, maka semakin tahu dan dapat membina atau membimbing anaknya didalam belajar di rumah, sehingga memungkinkan dapat meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:35
Last Modified: 08 Dec 2020 02:35
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4444

Actions (login required)

View Item View Item