ANIS, SAIFUL (2009) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI MI NURUL ULUM SIDOMUKTI BUNGAH GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
|
Text
BAB 4.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan figur yang utama terhadap corak kepribadian seseorang dikemudian hari. Tanpa pendidikan manusia tidak akan berjalan pada arah tujuannya. Begitu juga dalam hal agama seseorang tidak akan mempunyai pegangan tanpa agama, hal itulah yang penting dalam kehidupan manusia selama masih diberi kesempatan untuk hidup, dengan pendidikan manusia akan dapat merubah sikap dan moral. Pendidikan merupakan masalah yang penting bagi setiap manusia, lebih-lebih oleh bangsa yang membangun. Oleh karena itu pembangunan mutu pendidikan harus kita tingkatkan bersama, baik bagi pemerintah, masyarakat maupun orang tua sendiri. Hal ini mengingat dunia pendidikan telah mengalami banyak kemajuan seperti dibidang pengetahuan dan teknologi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan orang tua dengan prestasi pelajaran Aqidah Akhlaq siswa di MI. Nurul Ulum Sidumukti Bungah Gresik. Berdasarkan analisis data dapat ditarik kesimpulan yaitu Pendidikan orang tua siswa kelas IV, V, VI MI Nurul Ulum Sidomukti Bungah Gresik yang menjadi obyek penelitian adalah yang lulusan SD/MI terdapat 13 orang, yang lulusan SMP/Mts terdapat 19 orang, yang lulusan SMU/MA terdapat 47 orang dan yang luluisan sarjana terdapat 13 orang. Prestasi pelajaran Aqidah Akhlaq siswa MI Nurul Ulum Sidomukti Bungah Gresik rata-rata Kelas IV yaitu 7,58, Kelas V yaitu 7,52, dan kelas VI yaitu 7,50. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif yaitu thitung > ttabel yaitu 7,533 > 1,658, yang berarti antara jenjang pendidikan orang tua dengan prestasi belajar anak. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi pengetahuan atau pendidikan orang tua, maka semakin tahu dan dapat membina atau membimbing anaknya didalam belajar di rumah, sehingga memungkinkan dapat meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Islamic Education Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 02:35 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 02:35 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4444 |
Actions (login required)
View Item |