Choiriyah, Rosyidatul (2012) PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NU 1 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, peranan kemampuan penalaran matematika sangat diperlukan untuk membangun kemampuan matematika pada diri peserta didik khususnya kemampuan penalaran adaptif. Penalaran adaptif adalah kapasitas untuk berpikir secara logis, merefleksikan, menjelaskan dan menjastifikasi yang didalamnya memuat indikator kemampuan mengajukan dugaan atau konjektur, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan, menemukan pola dari suatu gejala matematik dan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan. Kemampuan penalaran adaptif akan dapat memberikan arahan kepada peserta didik dalam memecahkan masalah matematika, karena dengan menalar suatu soal maka dapat membantu peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan. Melihat pada kenyataan yang ada ternyata tidak sedikit yang merasa kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Hal ini pasti dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktor penyebabnya adalah karena kemampuan peserta didik untuk menalar permasalahan secara logis masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP NU 1 Gresik tahun pelajaran 2011/2012, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP NU 1 Gresik tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 76 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP NU 1 Gresik pada semester II (genap) tahun pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dengan instrumen penelitiannya adalah soal tes. Sedangkan metode analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dan Uji Hipotesis. Dari hasil uji regresi diperoleh persamaan regresi linier Y = 36,907 + 0,471 X. Pada penentuan koefisien korelasi diperoleh R = 0,621 dan menunjukkan bahwa adanya derajat hubungan yang cukup atau sedang antara kemampuan penalaran adaptif dan kemampuan memecahkan masalah matematika. Uji hipotesis dilakukan dengan Uji F yang memperoleh hasil nilai sig (0,000) < α (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan penalaran adaptif peserta didik terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika kelas VIII SMP NU 1 Gresik. Besarnya pengaruh kemampuan penalaran adaptif terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika sebesar 37,5% yang dapat diperoleh dari nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,375.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Adaptif, Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika |
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Users 679 not found. |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 03:20 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 03:20 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4448 |
Actions (login required)
View Item |