PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT INAP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL – FUZZY (Studi Di Rumah Sakit Petrokimia Gresik)

Hadiyanto, Rizky Satria (2012) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT INAP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL – FUZZY (Studi Di Rumah Sakit Petrokimia Gresik). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

RS Petrokimia Gresik adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa kesehatan di kota Gresik. RS Petrokimia Gresik selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Akan tetapi pada tahun 2011 terjadi penurunan jumlah pasien jika dibandingkan tahun sebelumnya dan complain semakin banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien tehadap pelayanan jasa yang diberikan oleh RS Petrokimia Gresik dan untuk mengetahui atribut apa yang perlu diprioritaskan untuk dilakukan peningkatan kualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fuzzy – servqual. Pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi, wawancara, serta pemberian kuisioner. Pengumpulan data sekunder melalui leteratur-literatur, artikel, internet serta data yang didapatkan dari pihak manajemen perusahaan. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai defuzzifikasi servqual secara keseluruhan memiliki nilai negatif sehingga pihak manajemen RS Petrokimia Gresik perlu melakukan perbaikan. Untuk hasil defuzzifikasi servqual per dimensi Assurance memiliki gap negative tertinggi. Sedangkan hasil defuzzyfikasi servqual per atribut menunjukkan bahwa kriteria X1-6 (Kelengkapan, kesiapan, kebersihan alat yang dipakai) harus segera dilakukan perbaikan kualitas pelayanannya karena mempunyai gap negative tertinggi dibandingkan kriteria lainnya, dan untuk harapan teringgi ada pada atribut X 1-1 Kemudahan mencapai lokasi rawat inap sangat diharapkan oleh pasien.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy – Servqual, Defuzzyfikasi, RS Petrokimia.
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:21
Last Modified: 14 Dec 2020 07:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4538

Actions (login required)

View Item View Item