PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEKNIK PROBLEM POSING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA PEUBAH DI KELAS VIII MTs. AL IBROHIMI MANYAR GRESIK

Sholihah, Imro’atus (2013) PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEKNIK PROBLEM POSING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA PEUBAH DI KELAS VIII MTs. AL IBROHIMI MANYAR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hakikat pendidikan adalah memanusiakan manusia itu sendiri, yaitu untuk membudayakan manusia. Pendidikan khususnya pelajaran matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang paling sulit dipahami bagi anak-anak, bahkan dianggap membosankan dan kurangnya kemampuan guru dalam menyampaikan pelajaran matematika membuat peserta didik kurang tertarik peserta didik pada pelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah, yaitu dengan menerapkan problem posing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika dengan teknik problem posing terhadap kreativitas peserta didik pada pokok bahasan sistem pesamaan linear dua peubah di kelas VIII MTs. Al Ibrohimi Manyar Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional kuantitatif yaitu sebuah penelitian yang menggunakan angka yang bertujuan untuk menemukan ada atau tidak adanya pengaruh antara variabel-variabel yang terlibat. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII C MTs. Al Ibrohimi Manyar Gresik tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan kreativitas peserta didik, dan tes hasil belajar dengan instrumen penelitiannya lembar tes. Dari hasil analisis data uji normalitas diperoleh bahwa nilai variabel X dan variabel Y mempunyai signifikansi sehingga dapat disimpulkan bahwa keduanya berasal dari populasi yang berdistribusi normal, dan untuk uji linearitas diperoleh bahwa terdapat hubungan yang linear antara variabel dependen dan independen. Sedangkan untuk anaisis regresinya diperoleh bahwa variabel hasil belajar matematika dengan teknik problem posing mempunyai pengaruh yang positif terhadap kreativitas peserta didik, dengan koefisien korelasi sebesar , dan Nilai koefisien determinasi sebesar 0,779 yang menunjukkan bahwa sekitar 77,9% variabel hasil belajar matematika dengan teknik problem posing mempengaruhi perubahan variabel kreativitas peserta didik, sedangkan sisanya 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Kreativitas, Persamaan Linear Dua Peubah
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:21
Last Modified: 14 Dec 2020 07:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4540

Actions (login required)

View Item View Item