MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUKURAN MASSA DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR

Fitriyah, Lailatul (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUKURAN MASSA DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (85kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (194kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (393kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_BAB 1.pdf

Download (389kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_BAB 2.pdf

Download (631kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_BAB 3.pdf

Download (374kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_BAB 5.pdf

Download (312kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441012_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengukuran massa melalui pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) pada peserta didik kelas IV sekolah dasar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mengetahui peningkatan pengukuran massa pada peserta didik dengan cara praktek mengukur benda-benda yang ada di sekitar menggunakan alat ukur massa (neraca O’haus dan timbangan dapur manual) secara langsung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo Lamongan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 8 peserta didik. Metode penelitian ini terdiri dari dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penilaian pada penelitian ini menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mengukur sejauh mana pendekatan PMRI dalam meningkatkan kemampuan pengukuran massa pada peserta didik. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pengukuran massa dengan menggunakan pendekatan PMRI dengan mengerjakan lembar kerja peserta didik terdapat 3 dari 8 peserta didik yang belum tuntas pada pengukuran massa menggunakan alat ukur neraca O’haus, sedangkan pada pengukuran massa menggunakan alat ukur timbangan dapur manual terdapat 1 dari 8 peserta didik yang belum tuntas dikarenakan nilai belum mencapai kriteria aspek pengukuran yang sudah ditentukan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia), kemampuan pengukuran massa.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Lailatul Fitriyah
Date Deposited: 22 Feb 2021 13:00
Last Modified: 22 Feb 2021 13:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item View Item