Pengembangan media shadow puppets untuk keterampilan menyimak cerita fabel pada peserta didik kelas II Sekolah Dasar

Zuhro, Aminatu (2021) Pengembangan media shadow puppets untuk keterampilan menyimak cerita fabel pada peserta didik kelas II Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (109kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf

Download (118kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI-dikonversi.pdf

Download (87kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media shadow puppets untuk Keterampilan Menyimak Cerita Fabel pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Dan untuk mengetahui kevalidan media Shadow Puppets untuk Keterampilan Menyimak Cerita Fabel pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan terdiri dari 4 tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Sedangkan peneliti memodifikasi hanya sampai tahap develop (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II UPT SDN 70 Gresik yang berjumlah 24 peserta didik dan 2 validator ahli materi yaitu guru kelas II dan 2 validator ahli media yaitu dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi dan uji coba diperoleh bahwa Pengembangan Media Shadow Puppets untuk Keterampilan Menyimak Cerita Fabel pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar menghasilkan media shadow puppets yang berkualitas, yaitu a) media shadow puppets dikategorikan valid pada validasi ahli materi (96,67%) dan validasi ahli media (91,67%); b) media shadow puppets dikategorikan praktis dengan presentase skor presentase skor angket respon peserta didik 94%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model 4-D, media shadow puppets untuk keterampilan menyimak cerita fabel
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Aminatu Zuhro
Date Deposited: 04 Jul 2021 23:15
Last Modified: 04 Jul 2021 23:15
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4960

Actions (login required)

View Item View Item