PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN PRAMBANGAN

Sobakhah, Lutfiana Baroditus (2018) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN PRAMBANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop Up Book untuk pembelajaran membaca puisi pada peserta didik kelas I SDN Prambangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan instruksional menurut Sadiman, dkk. (1996). Penelitian ini terdiri dari tujuh tahapan yang meliputi: (1) identifikasi kebutuhan; (2) perumusan tujuan; (3) perumusan butir materi; (4) perumusan alat pengukur keberhasilan; (5) penulisan naskah media; (6) tes/uji coba; (7) revisi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Prambangan Jl. Mayjend Sungkono No.1 Prambangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN Prambangan dengan jumlah peserta didik 11 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, validasi, dan tes dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar wawancara, lembar validasi ahli, dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualititatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pop Up Book yang dikembangkan peneliti dalam segi komponen penyajian media berkategori “Sangat Baik” dengan hasil validasi mencapai 94,5%, sedangkan dari segi kompetensi berkategori “Baik” dengan hasil validasi mencapai 86,7%. Tingkat keberhasilan pengembangan media Pop Up Book menunjukkan hasil yang baik melalui uji coba dengan tes unjuk kerja secara terbatas yang mencapai 93,3% dan berkategori “Sangat Baik” serta uji coba dengan tes unjuk kerja secara luas yang mencapai 86,0% dan berkategori “Baik”, sehingga rata-rata ketercapaian keberhasilan pengengembangan media Pop Up Book 89,6% dengan kategori “Baik”.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:50
Last Modified: 08 Mar 2019 01:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item