PROFIL BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VERBALIZER-VISUALIZER

Wandira, Mugi Ayu (2021) PROFIL BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VERBALIZER-VISUALIZER. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN KEORISINILAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berpikir kritis adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah secara sistematis dengan cara menganalisis, menyimpulkan sebuah persoalan dan mengevaluasi berdasarkan apa yang ada secara tepat dan terbukti kebenarannya. Dalam memecahkan masalah setiap individu memiliki strategi dalam menerima atau mengolah informasi yang didapat. Perbedaan itu dinamakan gaya kognitif, perbedaan dalam penerimaan informasi secara verbal maupun visual biasanya dikenal dengan gaya kognitif verbalizer dan visualizer. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis peserta didik dalam dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif verbalizer dan visualizer. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penilitian ini dilaksanakan di SMA Muhammasiyah 08 Cerme dan subjek dari penelitian terdapat 2 peserta didik dari XI MIPA 2. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya kognitif, tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Peserta didik NGN dengan gaya kognitif verbalizer dari seluruh tahap indikator berpikir kritis, mampu mencapai semua indikator tetapi pada tahap analisis dan evaluasi jawaban kurang lengkap. Peserta didik AM dengan gaya kognitif visualizer mampu memenuhi indikator berpikir kritis kecuali indikator analisis. Pada tahap analisis jawaban kurang lengkap tidak mampu menuliskan konsep/ materi yang digunakan dalam menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Verbalizer-Visualizer
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Mugi Ayu Wandira
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:24
Last Modified: 23 Sep 2021 02:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5256

Actions (login required)

View Item View Item