Pengembangan Media Pop Up Book Pandra (Panca Indra) Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Materi Mengenal Anggota Tubuh Kelas I

Sa'diyah, Abibatun Nuraini (2021) Pengembangan Media Pop Up Book Pandra (Panca Indra) Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Materi Mengenal Anggota Tubuh Kelas I. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (137kB)
[img] Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (414kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL (1).pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abibatun Nuraini Sa’diyah (NIM. 16 442 019). Pengembangan Media Pop Up Book PANDRA (Panca Indra) Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Materi Mengenal Angota Tubuh Kelas I (dibimbing oleh Dr. Khoirul Anwar, M.Pd dan Afakhrul Masub Bakhtiar, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Pop Up Book pada Materi Mengenal Anggota Tubuh Kelas I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini melibatkan 2 validator ahli materi yaitu guru kelas I UPT SD Negeri 71 Gresik, Guru SMA Negeri I Cerme dan 2 validator ahli media yaitu Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik, Guru UPT SD Negeri 71 Gresik untuk menilai media yang sudah dikembangkan oleh peneliti.pada tahap ini media pembelajaran Pop Up Book di implementasikan kepada peserta didik dengan mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah dengan cara menjaga jarak dan pelaksanaan uji coba terbatas hanya dilakukan 5 anak. Media pembelajaran Pop Up Book PANDRA (Panca Indra) telah melalui serangkaian validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil nilai akhir dari validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 95,31% dengan kategori “sangat valid” dan hasil nilai akhir validasi ahli media mendapatkan skor sebesar 95,8% dengan kategori “sangat valid”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book PANDRA (Panca Indra) dapat digunakan kegiatan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model ADDIE, Media Pembelajaran, Pop Up Book, Panca Indra
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Abibatun Nuraini Sa'diyah
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:36
Last Modified: 13 Oct 2021 02:36
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5304

Actions (login required)

View Item View Item