Sa'diyah, Abibatun Nuraini (2021) Pengembangan Media Pop Up Book Pandra (Panca Indra) Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Materi Mengenal Anggota Tubuh Kelas I. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL (1).pdf Download (630kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abibatun Nuraini Sa’diyah (NIM. 16 442 019). Pengembangan Media Pop Up Book PANDRA (Panca Indra) Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Materi Mengenal Angota Tubuh Kelas I (dibimbing oleh Dr. Khoirul Anwar, M.Pd dan Afakhrul Masub Bakhtiar, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Pop Up Book pada Materi Mengenal Anggota Tubuh Kelas I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini melibatkan 2 validator ahli materi yaitu guru kelas I UPT SD Negeri 71 Gresik, Guru SMA Negeri I Cerme dan 2 validator ahli media yaitu Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik, Guru UPT SD Negeri 71 Gresik untuk menilai media yang sudah dikembangkan oleh peneliti.pada tahap ini media pembelajaran Pop Up Book di implementasikan kepada peserta didik dengan mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah dengan cara menjaga jarak dan pelaksanaan uji coba terbatas hanya dilakukan 5 anak. Media pembelajaran Pop Up Book PANDRA (Panca Indra) telah melalui serangkaian validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil nilai akhir dari validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 95,31% dengan kategori “sangat valid” dan hasil nilai akhir validasi ahli media mendapatkan skor sebesar 95,8% dengan kategori “sangat valid”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book PANDRA (Panca Indra) dapat digunakan kegiatan proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model ADDIE, Media Pembelajaran, Pop Up Book, Panca Indra |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Abibatun Nuraini Sa'diyah |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:36 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 02:36 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |