PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Umamiyah, Nuraida (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28 (2). pp. 1-14. ISSN 2621-8941

[img]
Preview
Text
Halaman Publikasi Jurnal - Nuraida Umamiyah.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
3612
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (22kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/artic...

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan keterlibatan peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini sebanyak 318 peserta didik UPT SMP Negeri 1 Gresik dan sampel yang digunakan sebanyak 177 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kemandirian belajar, kuesioner keterlibatan peserta didik, dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara kemandirian belaja r terhadap keterlibatan peserta didik, (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara keterlibatan peserta didik terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Keterlibatan Peserta Didik, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Mathematic Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Nuraida Umamiyah
Date Deposited: 07 Mar 2022 08:13
Last Modified: 10 Mar 2022 04:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5704

Actions (login required)

View Item View Item