Umamiyah, Nuraida (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28 (2). pp. 1-14. ISSN 2621-8941
|
Text
Halaman Publikasi Jurnal - Nuraida Umamiyah.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
3612 Restricted to Repository staff only until 25 January 2027. Download (22kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan keterlibatan peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini sebanyak 318 peserta didik UPT SMP Negeri 1 Gresik dan sampel yang digunakan sebanyak 177 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kemandirian belajar, kuesioner keterlibatan peserta didik, dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara kemandirian belaja r terhadap keterlibatan peserta didik, (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara keterlibatan peserta didik terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Keterlibatan Peserta Didik, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | Mathematic Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Nuraida Umamiyah |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 08:13 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 04:22 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5704 |
Actions (login required)
View Item |