EVALUASI KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS INTEGRASI SERVQUAL – SIX SIGMA DI KUMA COFFEE AND EATERY KABUPATEN GRESIK

Novadi, Ilham Nur (2021) EVALUASI KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS INTEGRASI SERVQUAL – SIX SIGMA DI KUMA COFFEE AND EATERY KABUPATEN GRESIK. Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri, 21 (2). pp. 302-317. ISSN 2615-2827

[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Publikasi.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
423-1424-2-PB.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.sttind.ac.id/sttind_ojs/index.php/Sain...

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu faktor kunci pada keberhasilan bisnin kuliner. Kuma merupakan usaha rintisan kafe berkonsep kembali ke alam dengan target penjualan minuman 75 porsi dalam sehari. Saat ini usaha tersebut sedang mengalami permasalahan yaitu banyaknya keluhan pelanggan yang disebarkan di media sosial. Adanya banyak persepsi dan harapan pelanggan yang tidak bisa dipenuhi oleh usaha tersebut. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan baik maka peneliti melakukan suatu penelitian dengan pendekatan Integrasi Servqual – Six Sigma. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kualitas pelayanan sekaligus menentukan akar permasalahan kesenjangan antara persepsi dan harapan konsumen serta menentukan strategi perbaikan secara efektif. Hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi manajemen perusahaan dalam upaya perbaikan kualitas pelayanan. Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control merupakan pendekatan yangdigunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini ditemukan 31 atribut pelayanan yang memiliki gap negatif. Atribut X24, barista selalu memberikan sikap senyum, sapa, dan santun, merupakan atribut dengan skor gap dan sigma terkecil yaitu -1,14 dan 1,74. Faktor manusia dan lingkungan merupakan dua hal kunci yang dapat digunakan dalam peningkatan kualitas layanan bisnis kuliner tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gap, six sigma, servqual, customer. Cafe
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Ilham Nur Novadi
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:10
Last Modified: 05 Sep 2022 08:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6453

Actions (login required)

View Item View Item