Sabila, Errina Romadhona Shal (2022) PENGEMBANGAN BUKU KABAJA (KAMUS BAHASA JAWA) BERGAMBAR KELAS II MI ROUDLOTUL ULUM. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 5 (2). pp. 104-114. ISSN 2599-2716
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN PUBLIKASI JURNAL ERRINA ROMADHONA S..pdf Download (560kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
3536 Restricted to Repository staff only until 5 September 2027. Download (20kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan buku KABAJA pada mata pelajaran bahasa jawa kelas II MI Roudlotul Ulum dan mengetahui kevalidan buku KABAJA pada mata pelajaran bahasa jawa kelas II MI Roudlotul Ulum. Penelitian dilaksanakan di MI Roudlotul Ulum Yosowilangun. Model yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Thiagarajan yakni model 4-D dengan modifikasi oleh peneliti hingga menjadi tiga tahapan diantaranya tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Analisis data yang digunakan yakni analisis kevalidan buku KABAJA. Aspek yang dinilai yakni aspek kelayakan bahasa, materi dan kegrafikaan. Hasil akhir penilaian yang diberikan oleh validator terhadap buku KABAJA pada mata pelajaran bahasa jawa kelas II MI Roudlotul Ulum adalah 89,33 dan termasuk pada kategori sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran bahasa jawa peserta didik kelas II MI Roudlotul Ulum.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Kamus Bergambar ; Model-4D ; Bahasa Jawa |
Subjects: | Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Errina Romadhona Shal Sabila |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 07:30 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 07:30 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6458 |
Actions (login required)
View Item |