Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anak SD

Anggraini, Novi Nur (2021) Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anak SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (04). pp. 621-626. ISSN ISSN: 2776-267X (Print) / ISSN: 2775-6181 (Online)

[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PERYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
2021_TA_PGSD_16441001_Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2027.

Download (243kB)
Official URL: https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/J...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik penggumpulan data menggunakan tes tulis, wawancara dan domentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman dan uji kevalidasi menngunan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Uji keabsaan data menggunakan Triangulasi teknik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi,subjek mampu memahami, menyusun, melaksanakan dan memeriksa kembali lembar jawaban dari soal pemecahan masalah dengan benar dan tepat. Untuk kememapuan pemecahan masalah kategori sedang, subjek mampu memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian masalah dengan tepat dan benar, tetapi pada tahap penyelesaian rencana peserta didik masih mengalami kesalaAhan dalam perhitungan dan peserta didik tidak memeriksa kembali hasil pada lembar jawaban pada soal pemecahan masalah. Sedangkan pada subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori rendah, subjek belum mampu memahami, menyusun, melaksanakan dan memeriksa kembali lembar jawaban dari soal pemecahan masalah dengan benar dan tepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, Matematika
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Novi Nur Anggraini
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:39
Last Modified: 30 Dec 2022 03:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6982

Actions (login required)

View Item View Item