Anggraini, Novi Nur (2021) Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anak SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (04). pp. 621-626. ISSN ISSN: 2776-267X (Print) / ISSN: 2775-6181 (Online)
|
Text
2. HALAMAN PERYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
2021_TA_PGSD_16441001_Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only until 29 December 2027. Download (243kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik penggumpulan data menggunakan tes tulis, wawancara dan domentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman dan uji kevalidasi menngunan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Uji keabsaan data menggunakan Triangulasi teknik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi,subjek mampu memahami, menyusun, melaksanakan dan memeriksa kembali lembar jawaban dari soal pemecahan masalah dengan benar dan tepat. Untuk kememapuan pemecahan masalah kategori sedang, subjek mampu memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian masalah dengan tepat dan benar, tetapi pada tahap penyelesaian rencana peserta didik masih mengalami kesalaAhan dalam perhitungan dan peserta didik tidak memeriksa kembali hasil pada lembar jawaban pada soal pemecahan masalah. Sedangkan pada subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori rendah, subjek belum mampu memahami, menyusun, melaksanakan dan memeriksa kembali lembar jawaban dari soal pemecahan masalah dengan benar dan tepat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah, Matematika |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Novi Nur Anggraini |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 03:39 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 03:39 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6982 |
Actions (login required)
View Item |