MU’AFFIFAH, RICHA FADLILATUL (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE INDEX CARD MATCH (ICM) PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII-E MTs NURUL ISLAM PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
1. BAB I FIX.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB II FIX.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB III FIX.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text
4. BAB IV FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
||
|
Text
5. BAB V FIX.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran di MTs Nurul Islam Pongangan menggunakan model Direct Instruction, yaitu model pembelajaran yang masih berpusat kepada guru, dimana peserta didik hanya mendapatkan informasi dari guru. Hal ini mengakibatkan peserta didik cenderung bersifat pasif dan tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga hasil belajar peserta didik masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Oleh karena itu, guru di tuntut untuk dapat memilih suatu pendekatan, model atau metode yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif adalah dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode Index Card Match (ICM). Metode ICM merupakan metode mencari pasangan kartu yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan media kartu soal dan kartu jawaban. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung, dan hasil belajar peserta didik selama menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode Index Card Match (ICM) pada materi bangun datar kelas VII-E MTs Nurul Islam Pongangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian peserta didik kelas VII-E MTs Nurul Islam Pongangan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran, lembar observasi ranah afektif peserta didik, dan soal tes hasil belajar peserta didik ranah kognitif dan psikomotorik. Hasil dari penelitian ini, diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria sangat baik dengan nilai 85,5, aktivitas peserta didik mencapai kriteria sangat baik dengan nilai 80,83, dan hasil belajar peserta didik secara klasikal dikatakan tuntas dengan persentasi 80,77 %
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 00:42 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 01:38 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/716 |
Actions (login required)
View Item |