PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

ANGGRAENI, DEVI TSANIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf

Download (453kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf

Download (487kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (355kB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika. NCTM merumuskan lima standar kemampuan matematika yang harus dimiliki peserta didik, salah satunya yaitu kemampuan representasi matematis. Untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik diperlukan inovasi dalam pembelajaran terutama mengenai model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Model pembelajaran yang sudah digunakan selama ini adalah Think Pair Share (TPS) tetapi hasilnya masih belum maksimal. Dan peneliti ingin menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini mulai dilaksanakan pada bulan Mei 2018 di MTs Ma’arif Sidomukti Kebomas Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen murni (True Experimental) dengan desain “Posstest Only Control Design”. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-U yang berjumlah 34 peserta didik kelas eksperimen (TTW) dan peserta didik kelas VII-1 yang berjumlah 42 peserta didik kelas kontrol (TPS). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes dengan instrumen penelitian lembar tes kemampuan representasi matematis. Hasil uji t dua sampel independen (Independent-Sampel t Test) menunjukkan bahwa nilai sig=0,004 < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write lebih besar dari pada kemampuan representasi matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:42
Last Modified: 08 Mar 2019 01:35
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item