NI’MAH, FADHILATUN (2018) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KEBOMAS. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.
|
Text
3. BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
|
Text
7. BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Penalaran merupakan suatu konsep umum yang menunjuk pada salah satu proses berpikir untuk sampai kepada suatu kesimpulan sebagai pernyataan baru dari beberapa pernyataan lain yang telah diketahui Akan tetapi dalam fakta yang terjadi, berdasarkan hasil tes Programme for International Student Assesment (PISA) di bawah Organization Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2012, kemampuan penalaran peserta didik di Indonesia tergolong rendah. Salah satunya faktor penyebab rendahnya kemampuan penalaran matematika peserta didik yaitu terletak pada penggunakan model pembelajaran yang belum tepat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika peserta didik melalui model pembelajaran numbered heads together (NHT) pada materi bangun datar segi empat di kelas VII-G SMP Negeri I Kebomas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-G SMP Negeri I Kebomas sebanyak 31 peserta didik tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode tes. Metode tes digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika peserta didik melalui model pembelajaran numbered heads together (NHT) pada materi bangun datar segiempat. Berdasarkan hasil tes analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas VII G di SMP Negeri 1 Kebomas setelah melakukan pembelajaran dengan model Numbered Heads Together (NHT) tergolong baik dengan rata – rata prosentase nilai kemampuan penalaran matematika sebesar 72,92 % . Dengan rincian 6 peserta didik dengan kriteria sangat baik, 27 peserta didik dengan kriteria baik dan 4 peserta didik dengan kriteria cukup baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 10:06 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 01:39 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/720 |
Actions (login required)
View Item |