MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN SISWA KELAS 1 MI NU TRATE PUTRI GRESIK

NISA, INDAH CHAIRUN (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN SISWA KELAS 1 MI NU TRATE PUTRI GRESIK. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (421kB)

Abstract

Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media kartu bilangan siswa kelas 1 MI NU Trate Putri Gresik. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 MI NU Trate Putri Gresik menggunakan media kartu bilangan pada semester II tahun ajaran 2017- 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes dilakukan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa, observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Pada pertemuan ini didapati banyak siswa yang memenuhi KKM meningkat yaitu ≥ 70 terdapat 16 siswa (47 %). Siswa yang belum mencapai KKM ≤ 69 terdapat 18 siswa (57 %) dengan nilai rata-rata kelas 72,5. Data observasi awal sebagai perbandingan, menunjukkan siswa yang memenuhi KKM hanya terdapat 13 siswa (38,2 %) dengan nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 64,5. Adanya perbandingan tersebut, menunjukkan bahwa data di atas menyatakan tingkat pencapaian siswa dalam kemampuan operasi hitung pengurangan telah mengalami peningkatan dari observasi awal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa menggunakan media kartu bilangan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam peningkatan operasi hitung pengurangan pada siswa kelas 1.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 19 Nov 2018 09:43
Last Modified: 08 Mar 2019 01:18
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item