Self-Esteem Pada Remaja Akhir Yang Menggemari Selebgram

Sholich, Zamrotul Madiniatus Self-Esteem Pada Remaja Akhir Yang Menggemari Selebgram. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (3). pp. 130-136. ISSN 2685-9351

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (258kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
4275

Download (35kB)
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi self-esteem pada remaja akhir yang menggemari selebgram. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi fenomenologi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan subjek berjumlah dua subjek yang memiliki karakteristik, yaitu: remaja akhir perempuan berusia 18-21 tahun, aktif di media sosial Instagram selama 3 tahun terakhir, menggemari selebgram dan mengikuti akun selebgram tersebut di akun media sosial Instagram-nya minimal tiga konten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan observasi partisipasif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kredibilitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data dengan jenis pengujian triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kondisi self-esteem antara kedua subjek. Subjek LU (19 tahun) memiliki self-esteem yang rendah, sedangkan subjek RM (21 tahun) memiliki self-esteem yang tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Harga Diri, Remaja Akhir, Selebgram (Selebriti Instagram)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Zamrotul Madiniatus Sholich
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:08
Last Modified: 29 Mar 2023 04:08
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7625

Actions (login required)

View Item View Item