Hubungan Motivasi Belajar dengan Tingkat Kepercayaan Diri dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa

Fartisia, Okta Narita Putri Hubungan Motivasi Belajar dengan Tingkat Kepercayaan Diri dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4 (4). pp. 1775-1782. ISSN 2685-936x

[img] Text
CamScanner 03-27-2023 12.41.pdf

Download (138kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
5608

Download (31kB)
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Abstract

Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan yang dimiliki seseorang bahwa dirinya mampu berperilaku seperti yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil seperti yang diharapkan. Salah satu faktor yang berhubungan dengan kepercayaan diri adalah motivasi yang merupakan kehendak seseorang guna melakukan suatu tindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan tingkat kepercayaan diri dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 86 mahasiswa. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan mendapatkan 61 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan respon jawaban mengacu skala likert. Analisis data pada penelitian ini dengan korelasi Product Moment dibantu program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan kepercayaan diri pada mahasiswa, dengan nilai pearson correlation sebesar sig <0.05. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi kepercayaan diri untuk mengerjakan skripsi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kepercayaan Diri, Mahasiswa
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Okta Narita putri fartisia
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:39
Last Modified: 13 Apr 2023 07:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7647

Actions (login required)

View Item View Item