PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 01 SUKOANYAR

QOMARIYAH, LAILA NUR (2018) PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 01 SUKOANYAR. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah pada mata pelajaran matematika, hal ini dikarenakan guru hanya terfokus pada penyampaian materi dan peserta didik mendapatkan soal rutin sehingga ketika peserta didik menerima soal non rutin mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya yang berdampak pada kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu kekuatan atau kesanggupan yang dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah khususnya jenjang pendidikan sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Sukoanyar di kecamatan cerme tahun ajaran 2017-2018 dengan jumlah 14 peserta didik. Penelitian ini menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi aktivitas peserta didik sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh bahwa, terdapat tiga tingkatan kemampuan pemecahan masalah yaitu sangat baik diraih 2 peserta didik atau 14%, tingkatan baik diraih 7 peserta didik atau 50%, dan tingkatan cukup diraih 5 peserta didik atau 36% . Aktivitas peserta didik dalam penerapan model PBL (Problem Based Learning) termasuk dalam kriteria baik karena berada pada skala 61% ≤ P ≤ 80% yang dilihat dari rata-rata persentase seluruh pertemuan adalah 79% .

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 22 Nov 2018 01:57
Last Modified: 08 Mar 2019 01:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item