PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA METODE PC DENGAN METODE GI PADA MATERI GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI

ROFIQOH, KHUSNIYATUR (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA METODE PC DENGAN METODE GI PADA MATERI GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang diimplementasikan di sekolah saat ini pada umumnya masih didominasi dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah, yaitu guru hanya memberikan informasi kepada peserta didik, sedangkan peserta didik hanya menerima informasi tersebut. Hal ini menyebabkan peserta didik menjadi pasif. Untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran dapat menggunakan metode Pair Check dan metode Group Investigation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidakanya perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan metode Pair Check dan metode Group Investigation pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri. Jenis penelitian ini adalah komparatif yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Pair Check dengan metode Group Investigation pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-B. Sampel penelitian yang digunakan sama dengan populasi penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen (Independent-sampel t test) diperoleh nilai sig = 0,654 , atau diterima, artinya tidak ada perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Pair Check dengan metode Group Investigation pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 22 Nov 2018 01:57
Last Modified: 08 Mar 2019 01:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item