Ningsih, Agustin Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Penggolongan Hewan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4 (5). pp. 7886-7893. ISSN 2685-936X
|
Text
M.LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
7943 Download (32kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dari media pembelajaran ular tangga penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penggunaan media pembelajaran sangat jarang digunakan dalam pembelajaran dikarenakan alasan biaya yang terlalu mahal. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini yaitu peserta didik kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan 4D akan tetapi penelitian ini hanya dilakukan hanya pada tahap ketiga dikarenakan terjadinya pandemi yang membatasi proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas yaitu 1) Pendefinisian (Define) yaitu analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis materi, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran, 2) Perancangan (Design) yaitu pemilihan bahan media pembelajaran, pemilihan format dan desain media pembelajaran dan 3) Pengembangan (Develop) yaitu validasi dan uji coba terbatas. Penelitian ini hanya dilakukan pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kevalidan yang dilakukan oleh para validator mencapai 81,25% dengan kategori valid.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Science, Learning Media, Snakes and Ladders |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Agustin Ningsih |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 09:45 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 09:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7953 |
Actions (login required)
View Item |