MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA RODA PINTAR PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS I SDN 1 TLOGOPATUT

Jayanti, Iskha Dwi (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA RODA PINTAR PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS I SDN 1 TLOGOPATUT. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita yang rendah di beberapa Sekolah Dasar yang menerapkan sistem pendidikan inklusif. Faktor yang menyebabkan kemampuan membaca permulaan siswa tungarhaita rendah diantaranya kemampuan intelektual yang rendah, keterbatasan daya ingat, lemahnya konsentrasi, mudah jenuh atau bosan, kurangnya motivasi dan minat serta metode yang kurang menarik dan media yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas I SDN 1 Tlogopatut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Subjek penelitian yaitu seorang siswa tunagrahita kategori ringan kelas I di SDN 1 Tlogopatut Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes membaca permulaan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai memenuhi tingkat penguasaan minimal 60% dengan kategori (predikat) cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media roda pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita kelas I SDN 1 Tlogopatut. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan tingkat penguasaan siswa dari 55,55% pada hasil pretest ke 59,44% pada posttest siklus I dan untuk posttest II sebesar 69,44%. Tindakan pada siklus I berupa pembelajaran membaca permulaan menggunakan media roda pintar dengan dengan bimbingan dari guru. Tindakan pada siklus II berupa perbaikan dari tindakan siklus I. Perbaikan berupa mengubah tempat duduk siswa, pembelajaran dirubah dengan cara siswa mencari sendiri huruf yang telah ditentukan peneliti dengan cara memutar dan mengarahkan huruf lurus dengan panah, dan pemberian reward.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 06 Feb 2019 02:17
Last Modified: 08 Mar 2019 01:12
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item