Rancang Bangun Media Interaktif Pengenalan Alat Dan Bahaya Listrik Berbasis Video Game Edukatif Untuk Anak Sekolah Dasar

Khuzar, Aida Nilawati (2019) Rancang Bangun Media Interaktif Pengenalan Alat Dan Bahaya Listrik Berbasis Video Game Edukatif Untuk Anak Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (239kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (87kB)

Abstract

Kejadian luka bakar akibat sengatan listrik terhitung sekitar 2-3% dari semua luka bakar pada anak-anak yang memerlukan perawatan gawat darurat. Selain itu di Indonesia sekitar 12 anak-anak meninggal dunia akibat listrik setiap tahunnya. Menurut National Fire Protection Association sekitar 2.400 anak-anak menderita trauma berat dan luka bakar akibat tersengat listrik karena mereka memasukkan tangan ke lubang colokan sumber listrik. Kurangnya pengetahuan anak mengenai alat dan bahaya listrik, serta terbatasnya media penunjang yang digunakan untuk sekolah dalam menyampaikan pengetahuan ke anak-anak, maka akan diajukan penelitian berjudul “Rancang Bangun Media Interaktif Pengenalan Alat dan Bahaya Listrik Berbasis Video Game Edukatif untuk Anak Sekolah Dasar”. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan analisis deskriptif yang dilakuakan dengan validasi ahli materi, media dan minat siswa. Hasil analisis video motion graphics interaktif pengenalan alat dan bahaya listrik dari penilaian ahli materi skor yang diperoleh termasuk kategori layak yang berada pada rentang 3,5 < X ≤ 3,75, menurut ahli media berada pada rentang X > 3,75 termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan menurut minat siswa media pembelajaran video game edukatif ini termasuk dalam kategori sangat baik berada dalam rentang X > 3,75 selain itu dari kuisoner penilaian tingkat kepahaman siswa diperoleh prosentase 52% siswa paham setelah diberikan media pembelajaran terhadap materi dan media interaktif pengenalan alat dan bahaya listrik berbasis video game edukatif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Electronical Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electronical Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 16 Mar 2019 01:49
Last Modified: 16 Mar 2019 01:50
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item