Hubungan Kebiasaan Konsumsi Jajanan Dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kecamatan Gresik

Khoiriyah, Alfin (2023) Hubungan Kebiasaan Konsumsi Jajanan Dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kecamatan Gresik. Ghidza Media Jurnal, 5 (1). pp. 16-27. ISSN 2715-8934

[img]
Preview
Text
Persetujuan publikasi alfin khoiriyah.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
ghidza Alfin.pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/ghidzamediajurn...

Abstract

Prevalensi obesitas saat ini terbukti meningkat sangat tajam di seluruh dunia. Faktor utama penyebab obesitas yakni kebiasaan hidup sehari-hari, seperti kebiasaan konsumsi jajanan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa hubungan kebiasaan konsumsi jajanan dengan status gizi anak sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan observasional analitik dengan jumlah 113 siswa SD Muhammadiyah se-Kecamatan Gresik sebagai responden yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner food recall 2x24 jam dan pengukuran antropometri. Analisis data menggunakan uji korelasi kendall’s tau-b. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara asupan energi (signifikan = 0,000), asupan protein (signifikan = 0,000), asupan lemak (signifikan = 0,000), dan asupan karbohidrat (signifikan = 0,000) dengan dengan status gizi anak Sekolah Dasar Muhammadiyah se-Kecamatan Gresik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara asupan energi dan zat gizi makro dengan status gizi. Sebaiknya responden dapat lebih memperhatikan jenis dan jumlah jajanan yang baik sesuai dengan kebutuhan gizi setiap hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Obesity, Snack Habits, Nutritional Status
Subjects: Health
Health > Science of Nutrition
Divisions: Faculty of Health > Science Nutrition Program Study
Depositing User: Alfin Khoiriyah
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:01
Last Modified: 20 Nov 2023 01:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8963

Actions (login required)

View Item View Item