PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

HIDAYANTI, ILLA NOVITA (2019) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh persepsi peserta didik dalam strategi pembelajaran pemecahan masalah menurut polya terhadap peningkatan hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah kelas VIIA dan VIIC SMP Daruttaqwa tahun pelajaran 2018-2019, sedangkan sampel penelitian sebanyak 42 peserta didik (dua kelas). Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah persepsi peserta didik dalam pembelajaran saintifik menggunakan strategi pemecahan masalah menurut Polya dan hasil belajar matematika. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Persepsi peserta didik terhadap hasil belajar matematika kelas VIIA dan VIIC SMP Daruttaqwa secara berturut-turut berada pada kategori sangat rendah, rendah, sedang, kuat, dan sangat kuat. Dari perhitungan dibuktikan dengan hasil thitung sebesar 2,143 > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi peserta didik (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar matematika (Y). (2) Besar pengaruh persepsi peserta didik terhadap hasil belajar matematika adalah 10,3%. (3) secara sendiri-sendiri, persepsi perserta didik dalam strategi pembelajaran matematika berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 26 Mar 2019 02:17
Last Modified: 26 Mar 2019 02:17
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item