PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN SEGOROMADU

KHAFIDAH, AGUSTIN NUR (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN SEGOROMADU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keterampilan membaca teks puisi pada peserta didik kelas II SDN segoromadu. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model cooperative script. Model pembelajaran cooperative script merupakan model belajar kelompok berupa skenario dimana peserta didik bekerja kelompok secara lisan mengikhtisarkan bagian materi yang di pelajari dengan berpasangan dan bergantian. Sehingga dengan menggunakan model cooperative script dapat meningkatkan peserta didik dalam membaca teks puisi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada dua siklus. Pada tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Segoromadu Jl. Veteran Segoromadu N0. 38 Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik dengan subjek sebanyak 20 peserta didik pada kelas II. Hasil penelitian yang diperoleh pada tindakan siklus I menunjukkan bahwa hasil keterampilan membaca teks puisi peserta didik masih dibawah KKM dengan nilai presentase peserta didik sebanyak 60%. Sedangkan pada tindakan siklus II dalam penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keterampilan membaca teks puisi peserta didik dengan nilai presentase sebanyak 75%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 01 Apr 2019 01:43
Last Modified: 01 Apr 2019 01:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item