Pambudi, Mohammad Shohib Tri (2023) Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Pendekatan Service Quality dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus : Bengkel Motor XYZ). G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan, 7 (3). pp. 1207-1217. ISSN 2623-064x
|
Text (Halaman Persetujuan Publikasi)
Halaman Persetujuan Publikasi 16612163 Mohammad Shohib Tri Pambudi.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
Jurnal 16612163 Mohammad Shohib Tri Pambudi.pdf Download (353kB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia usaha, salah satu aspek pendukung dalam menjalankan perusahaan adalah kualitas pelayanan. Bengkel Motor XYZ adalah perusahaan yang menyediakan layanan perawatan maupun perbaikan kendaraan bermotor yang berada di Kota Gresik. Semakin hari semakin banyak bermunculan bengkel motor atau pesaing sejenis yang mengakibatkan jumlah pelanggan semakin menurun. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan secara keseluruhan agar pihak bengkel dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Studi ini dilakukan dengan menggunakan metodologi servqual. Jumlah sampel pada penelitian ini sejumlah 80 orang diambil dari pelanggan yang pernah menggunakan jasa perbaikan pada Bengkel Motor XYZ. Berdasarkan temuan penelitian ini, kesenjangan gap tertinggi hingga terkecil yaitu responsiveness sebesar -0.4594, assurance sebesar -0.4300, reliaiblity sebesar -0.3875, tangibles sebesar -0.3350, dan emphaty sebesar -0.3250. Diketahui dimensi kualitas pelayanan yang paling berpengaruh dengan memiliki nilai gap terbesar yaitu responsiveness.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian Kualitas, Kepuasan Pelanggan, Tingkat Kepuasan, Tingkat Harapan, Servqual |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program |
Depositing User: | Mohammad Shohib Tri Pambudi |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:28 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:28 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9427 |
Actions (login required)
View Item |