Farid, Muhammad Pengukuran Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang Menggunakan Metode Servqual di PT. Pos Indonesia KCU Surabaya. KOMITMEN Jurnal Ilmiah Manajemen, 5 (1). pp. 34-43. ISSN 2723-1526
|
Text
PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
33411-94801-1-SM.pdf Download (310kB) | Preview |
Abstract
Di era globalisasi saat ini, kemampuan perusahaan untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi sangat penting untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhannya. Salah satu penyedia layanan pos terbesar di Indonesia, PT. Pos Indonesia KCU Surabaya, menjadi subjek dalam studi ini. Studi ini menggunakan pendekatan SERVQUAL untuk mengetahui bagaimana pelanggan menilai kualitas layanan Pos Reguler pada lima dimensi: tangibles, assurance, responsiveness, reliability, dan empathy. Sampel sebanyak 100 pelanggan dari basis pelanggan PT. Pos Indonesia KCU Surabaya berpartisipasi dalam studi ini. Pendekatan SERVQUAL dipakai untuk menilai kualitas layanan dalam studi ini, yang berusaha untuk memeriksa tingkat layanan yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia KCU Surabaya. Sampel sebanyak 100 pelanggan dari basis pelanggan PT. Pos Indonesia KCU Surabaya berpartisipasi dalam studi ini. Pada setiap dimensi layanan, tangible mendapatkan GAP sebesar 0.39, reliability sebesar 0.12, responsiveness sebesar 0.15, assurance sebesar 0.06, dan emphaty sebesar 0.15. Hasil ini menunjukkan adanya gap antara harapan dan kenyataan dalam metode SERVQUAL untuk mengukur kualitas layanan. Temuan studi ini mendukung pendapat bahwa, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, kualitas layanan PT. Pos Indonesia KCU Surabaya harus ditingkatkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Metode SERVQUAL, Kepuasan Pelanggan. |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Management Study Program |
Depositing User: | Muhammad Farid |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 01:54 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 01:54 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9455 |
Actions (login required)
View Item |