Implementasi Lean Six Sigma Guna Meminimalisir Penundaan Pengiriman Semen Pada PT. SIL (Plant Rembang, Jawa Tengah)

Akbar, Arman Maulana (2023) Implementasi Lean Six Sigma Guna Meminimalisir Penundaan Pengiriman Semen Pada PT. SIL (Plant Rembang, Jawa Tengah). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Pernyataan Orisinalitas (Keaslian).pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Tugas Akhir.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar PersetujuanTugas Akhir.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Persetujuan Karya Ilmiah.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. SIL merupakan anak perusahaan yang bergerak di bidang industri logistik barang semen. PT. SIL berlokasikan di Rembang, Provinsi Jawa Tengah, Dimana PT. SIL ini bertanggungjawab terkait pendistribusian / pengiriman semen Perusahaan di wilayah Jawa Tengah. Masalah yang menjadi fokus penelitian pada PT. SIL (Plant Rembang) ini ialah terjadinya penundaan dalam pengiriman semen perusahaan. Untuk itu dalam penelitian ini ditujukkan untuk mengidentifikasi serta menganalisis penyebab terjadinya permasalahan yang terdapat pada Perusahaan, dan melakukan proses usulan rancangan perbaikan demi meminimalkan pemborosan yang telah dilakukan. Dalam melakukan proses penyelesaian, peneliti menggunakan metode penyelesaian Lean Six Sigma yang didalamnya berisikan tahapan-tahapan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan tahapan Define (Identifikasi dan pengumpulan data permasalahan) dilanjutkan tahapan Measure (Pengukuran setiap data) kemudian dilakukannya analisa pada tahapan Analyze (Analisa dan penentuan akar penyebab) yang kemudian dilakukan tahapan Improve (Perbaikan) guna meminimalkan terjadinya pemborosan / Hambatan pada proses operasional pengiriman pada PT. SIL (Plant Rembang). Dari pengumpulan dan pengolahan data yang telah dilakukan maka dihasilkannya pemvisualisasian dengan SIPOC diagram kemudian dilakukan perhitungan nilai kumulatif penyebab terjadinya penundaan pengiriman semen disebabkan oleh Kendala Administrasi Armada sebesar 37%, disusul oleh Kerusakan armada sebesar 30% yang kemudian dilakukannya perhitungan DPMO dengan nilai sebesar 227 per sejuta kesempatan dan nilai kapabilitas sigma 5,01 yang kemudian dilakukannya Analisa terkait akar penyebab masalah dengan fishbone diagram selanjutnya dilakukan perancangan usulan perbaikan dengan 5W+1H dengan berbagai faktor diantaranya (Man, Machine, Material, Metodh, Measurement).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: DMAI, Lean Six Sigma, Penundaan pengiriman, Root Cause Analysis.
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Arman Maulana Akbar
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:24
Last Modified: 15 Feb 2024 02:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9637

Actions (login required)

View Item View Item