Peran Madrasah Diniyah Dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah (Di Madrasah Diniyah Atta’Miriyah Al Islah Duduksampeyan Gresik)

Mukholifah, Mukholifah (2021) Peran Madrasah Diniyah Dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah (Di Madrasah Diniyah Atta’Miriyah Al Islah Duduksampeyan Gresik). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I - 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB II - 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB III - 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV - 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB V - 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Daftar Pustaka 1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah At Ta’Miriyah Al Ishlah dalam pembinaan akhlaqul karimah kepada para santri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhir zaman yang ditunjukkan dengan krisis akhlak, terutama pada anak-anak usia sekolah. Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Madrasah Diniyah At Ta’Miriyah Al Ishlah dalam upaya pembinaan akhlak kepada para santri untuk mencegah dan mengurangi permasalahan kaitannya dengan akhlak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, para ustadz/guru, para santri/murid dan masyarakat. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pembinaan akhlaqul karimah di Madrasah Diniyah. Analisis data menggunakan teknik analisis jenis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa Madrasah Diniyah At Ta’Miriyah Al Ishlah telah berupaya membina akhlaqul karimah para santrinya, hal ini dilakukan dengan beberapa metode. Pertama, metode pemahaman, yang diimplemantasikan dalam bentuk pembelajaran di kelas dengan guru memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai akhlaqul karimah. Kedua, metode pembiasaan, direalisasikan dalam aktivitas harian yang dilaksanakan di luar jam pembelajaran, yaitu do’a bersama, muraja’ah kitab dan sholat berjamaah. Hal ini bertujuan agar anak terlatih dan selanjutnya terbiasa untuk berakhlaqul karimah. Ketiga, metode uswatun hasanah(teladan yang baik), yang dipraktikkan oleh para ustadz/guru melalui ucapan/perkataan dan tindakan/perbuatan yang mencerminkan akhlaqul karimah. Keempat, metode Targhib dan Tarhib (pujian dan hukuman), yang diimplementasikan oleh para ustadz/guru agar para santri selalu termotivasi untuk berakhlaqul karimah. Melalui beberapa metode pembinaan akhlak tersebut, maka didapatkan hasil yang signifikan atas akhlak para santri. Sesuai hasil penelitian, hampir semua santri di Madrasah Diniyah At Ta’Miriyah Al Ishlah memiliki akhlaqul karimah, baik itu terhadap Allah, kemudian guru, dan sesama teman di lingkungan Madrasah. Hal ini menjadi bukti bahwa Madrasah Diniyah memiliki peran yang mendukung terciptanya akhlaqul karimah sebagaimana tujuan pendidikan Islam

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Madrasah Diniyah Pembinaan Alklaqul Karima
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Mukholifah Mukholifah
Date Deposited: 13 Feb 2024 08:41
Last Modified: 13 Feb 2024 08:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9696

Actions (login required)

View Item View Item