Simulasi Model Sistem Pelayanan Truck Pada Proses Muat Pupuk Dengan Menggunakan Software Arena Untuk Mengoptimalkan Fasilitas Pelayanan (Studi Kasus: Gudang Multiguna (GMG) PT Petrokimia Gresik)

Rohmawati, Siti (2023) Simulasi Model Sistem Pelayanan Truck Pada Proses Muat Pupuk Dengan Menggunakan Software Arena Untuk Mengoptimalkan Fasilitas Pelayanan (Studi Kasus: Gudang Multiguna (GMG) PT Petrokimia Gresik). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_T.IND_170601096_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_T.IND_170601096_BAB 1.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_T.IND_170601096_BAB 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_T.IND_170601096_BAB 3.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
2020_TA_T.IND_170601096_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
2020_TA_T.IND_170601096_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img]
Preview
Text
2020_TA_T.IND_170601096_BAB 6.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_T.IND_170601096_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2020_TA_T.IND_170601096_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelancaran proses distribusi pelayanan yang optimal memerlukan dukungan sistem penunjang distribusi yang baik dan lancar, dengan itu akan berdampak pada ketepatan waktu proses pendistribusian. Sedangkan hambatan yang sering terjadi didalam kelancaran proses distribusi pelayanan adalah hambatan di dalam lintasan pelayanan atau pada kesibukan sistem pelayanan itu sendiri. Ketidakseimbangan lintasan dalam kegiatan pelayanan distribusi di pabrik dapat dilihat dari terlalu padatnya tingkat kedatangan pelanggan dalam sistem, sedangkan di server tetap bekerja secara penuh. Hal ini juga dialami oleh PT. Petrokimia Gresik pada kegiatan proses pemuatan pupuk di Gudang Multiguna (GMG) dimana pada gudang ini terjadi kedatangan truck untuk muat pupuk yang sangat padat pada setiap harinya yang melebihi kemampuan server, hal ini yang menyebabkan antrian yang panjang etiap harinya karena terjadi ketidakseimbangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mensimulasikan model sistem pelayanan untuk mengatasi permasalahan yang tersebut dengan menggunakan software Arena 14.0, kemudian melakukan analisis study kelayakan investasi pada ususlan perbaikan. Dari hasil simulasi model awal yaitu dengan menggunakan 2 server diketahui rata-rata lamanya waktu tunggu server 1 adalah 3,0808 jam dan waktu tunggu pada server 2 adalah 3,2425 jam, output kondisi saat ini sebesar 38,867 output, dan utilitas masing-masing sebesar 1,00. dari kondisi awal tersebut dilakukan beberapa usulan perbaikan dan didapatkan hasil usulan terbaik yaitu pada usulan pertama dengan rata-rata waktu tunggu pada server 1 adalah 0,47118 jam dan waktu tunggu pada server 2 adalah 1,2083 jam. Output sebesar 89,8 output, dengan nilai NPV terbesar dibandingkan dengan model usulan lainnya yaitu Rp608.573.989,6 dengan periode pengembalian tercepat yaitu 1,28 tahun dibandingkan dengan umur ekonomisnya 5 tahun. Untuk itu, dari hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi rekomendasi perbaikan pada kegiatan proses muat pupuk di Gudang Multiguna PT Petrokimia Gresik. Kata kunci : Ketidakseimbangan sistem pelayanan, antrian, studi kelayakan, simulasi, software Arena 14.0.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ketidakseimbangan sistem pelayanan, antrian, studi kelayakan, simulasi, software Arena 14.0.
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Siti Rohmawati Rohmawati
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:40
Last Modified: 07 Mar 2024 03:40
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9720

Actions (login required)

View Item View Item