MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN MARGOANYAR

DEWI, FENI SULVIANA (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN MARGOANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN margoanyar tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas, desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdapat sebanyak tujuh peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar tes untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis deskripsi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikan sebesar 71,42% atau lima peserta didik yang tuntas. Sehingga pada siklus 1 telah mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 70%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:34
Last Modified: 15 Apr 2019 01:34
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item