Efektivitas Pelatihan Psychological Capital Untuk Menurunkan Tingkat Academic Burnout Pada Mahasiswa Peran Ganda Teknik Industri

Sari, Nimas Putri Fitria (2022) Efektivitas Pelatihan Psychological Capital Untuk Menurunkan Tingkat Academic Burnout Pada Mahasiswa Peran Ganda Teknik Industri. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
orisinalitas.pdf

Download (409kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (120kB)
[img] Text
surat pernyataan persetujuan akademik.pdf

Download (496kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Peningkatan ritme aktivitas yang dialami oleh mahasiswa peran ganda mengakibatkan adanya konflik peran yang disebabkan pemenuhan tuntutan dari dua sisi aktivitas yang memiliki perbedaan tujuan. Berdasarkan wawancara awal yang dilakukan diketahui mahasiswa peran ganda memenuhi tiga dimensi pada academic burnout, yaitu: kelelahan, sinisme dan penurunan prestasi diri, kemunculan dimensi academic burnout ini berbanding terbalik dengan penurunan keyakinan diri, kehilangan fokus tujuan, penurunan optimisme dan kehilangan kemampuan resiliensi. Dalam hal ini dibutuhkannya pengembangan secara positif dalam diri individu, salah satu pendekatan psikologi positif yang memiliki fokus untuk meningkatkan konstruk positif pada diri individu yaitu psychological capital. Sehingga penleitian ini sangat penting dengan tujuan mencari tahu tingkat efektivitas pelatihan psychological capital untuk menurunkan tingkat academic burnout pada mahasiswa peran ganda. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest menggunakan psychological capital intervention. Dari sampel penelitian yang ditetapkan 8 subjek penelitian dari mahasiswa peran ganda teknik industri dapat menyelesaikan intervensi yang diberikan. Untuk mengetahui adanya efektivitas dari intervensi yang dilakukan peneliti melakukan analisa data pretest-posttest menggunakan uji wicolxon dan didapatkan p-value <0.05. Dapat disimpulkan terdapat efektivitas dalam pelatihan psychological capital untuk menurunkan tingkat academic burnout pada mahasiswa peran ganda.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: academic burnout, psychological capital, Mahasiswa peran ganda
Subjects: Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Nimas Putri Fitria Sari
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:44
Last Modified: 14 Mar 2024 02:44
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9771

Actions (login required)

View Item View Item