Melindah, Vina (2023) Pengembangan LKPD Berbasis CT pada Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang SMK. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP), 7 (1). pp. 1049-1057. ISSN 2614-8854
|
Text
Halaman Persetujuan Publikasi.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
Pengembangan LKPD Berbasis CT pada Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang SMK.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rancangan yang baik dalam pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis critical thinking pada pembelajaran berdiferensiasi jenjang sekolah menengah kejuruan. Research and Development (R&D) yang digunakan mengikuti model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Siswa sebanyak 36 orang pada kelas X TKI-3 SMK Negeri 1 Cerme Gresik semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 menjadi subjek dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon untuk kepraktisan, dan post-test berupa tiga soal untuk mengukur keefektifan. Teknik analisis data dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Secara keseluruhan hasilnya menunjukkan kualitas produk valid dengan rata-rata sangat layak sebesar 93,5%. Angket respon juga menunjukkan bahwa 84,67% terbukti LKPD ini "sangat menarik", yang menunjukkan bahwa kepraktisan memenuhi standar. Sedangkan post-test menunjukkan tingkat ketuntasan belajar sangat baik yaitu sebesar 88,90%. Ketuntasan belajar menunjukkan bahwa LKPD berbasis CT pada pembelajaran diferensiasi jenjang SMK yang digunakan dalam pembelajaran memenuhi kriteria efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD;Critical Thinking;Pembelajaran Berdiferensiasi;Kesiapan Belajar;ADDIE |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Vina Melindah |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:22 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:22 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10047 |
Actions (login required)
View Item |