Efektivitas Terapi Bermain Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD)

Lestari, Rahayu Puji (2023) Efektivitas Terapi Bermain Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH), 1 (3). pp. 80-89. ISSN 2987-4467

[img] Text
2024_TA_PSI_200701048_HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (214kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2024_TA_PSI_200701048_JURNAL.pdf

Download (307kB)
Official URL: https://jurnalcendekia.id/index.php/jiih/article/v...

Abstract

Sehat dan normal adalah sesuatu yang diidamkan oleh setiap orang tua untuk anaknya. Namun, jika dihadapkan pada kenyataan bahwa sang anak memiliki kelainan perilaku, fisik, atau mental, tentu saja perasaan sedih dan cemas akan muncul karena khawatir bahwa anak tidak akan mampu menjalani kehidupan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi pada anak Autism Spectrum Disorder (ASD) sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain flash card. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode kuantitatif dengan single case experiment pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang dengan kriteria (1) subjek masuk dalam usia SD yaitu 7-12 tahun; (2) subjek telah terdiagnosa sebagai anak Autism Spectrum Disorder (ASD);(3) subjek memiliki kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal seperti kontak mata terhadap benda dan terhadap orang lain yang masih terbatas (kurang); (4) subjek bersedia mengikuti rangkaian treatment dari awal hingga akhir. Teknikpengumpulan data pada penelitian ini menggunakan ATEC domain komunikasi saat pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Peneliti juga melakukan perhitungan gain scoreuntuk mengetahui efektivitas media flash card. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,008 (p<0,05) yang berarti terdapatperbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi pada anak Autism Spectrum Disorder (ASD) sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain flash card.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Autism Spectrum Disorder, Flash Card, Kemampuan Komunikasi, Terapi Bermain
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Rahayu Puji Lestari
Date Deposited: 21 May 2024 03:05
Last Modified: 21 May 2024 03:05
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10065

Actions (login required)

View Item View Item