Habibah, Imro'atul (2024) Analisis Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas IV SDN Gempoltukmloko. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 2 (1). ISSN 2988-6309
Text
4. Lembar Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (88kB) |
||
|
Text (Artikel Publikasi)
Artikel Imro'atul Habibah.pdf Download (572kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas IV SDN Gempoltukmloko Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tiga instrumen penelitian, diantaranya observasi pembelajaran menulis karangan deskripsi, wawancara guru kelas, dan juga angket peserta didik. Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, Display data, dan Penarikan Kesimpulan. Yang terlibat dalam penelitian ini adalah seluruh kelas iv SDN Gempoltukmloko dan juga guru kelas iv SDN Gempoltukmloko. Berdasarkan hasil analisis yang ditelah dilakukan, peneliti menemukan jawaban dari rumusan masalah penelitian ini yaitu tentang kesulitan menulis karangan deskripsi dan juga hambatannya. Dari 15 peserta didik terdapat 80% dari peserta didik yang masih kesulitan dalam menulis karangan deskripsi. Kesulitan yang paling banyak dialami peserta didik yaitu dalam penggunaan Bahasa Indonesia. Terdapat 12 dari 15 peserta didik yang kesulitan dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kesulitan lain yang dialami peserta didik yaitu dalam penyusunan kalimat dan mencari ide/gagasan. Guru kelas iv mengakui peserta didik juga kesulitan dalam penggunaan tanda baca dan juga paragraf.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Karangan Deskripsi, Penggunaan Bahasa, Bahasa Daerah |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Imro'atul Habibah |
Date Deposited: | 14 May 2024 03:07 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:07 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10068 |
Actions (login required)
View Item |