Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di SDN Tlogorejo

Aeni, Ila Nur (2023) Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di SDN Tlogorejo. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5 (2). pp. 141-147. ISSN 2715-5110

[img]
Preview
Text
Persetujuan Publikasi-Ila Nur Aeni.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
Artikel tugas akhir jurnal papeda_ila.pdf

Download (211kB) | Preview
Official URL: https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar...

Abstract

Dalam proses pembelajaran dikelas ada hambatan ketika kegiatan literasi diterapkan salah satunya yaitu peserta didik bosan dengan kegiatan membaca karena terlalu monoton dan diisi dengan lebih banyak bermain dan berbicara dengan teman. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di SDN Tlogorejo tepatnya pada kelas V dengan jumlah 11 peserta didik menggunakan metode pembelajaran reading guide. Penelitian ini menggunakan studi analisis deskriptif. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data, mengolah data, menguraikan data dan menginterpretasikan data serta menyimpulkan data. Penelitian dilakukan selama tiga kali pertemuan dari bulan mei akhir sampai awal juni. Penelitian ini menerapkan cara yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengaplikasian metode pembelajaran reading guide untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi “menemukan informasi penting yang di tulis dalam bentuk peta pikiran terbukti berhasil meningkat sebesar 27,27% (dari 54,55% di siklus I menjadi 81,82% pada siklus II). Pendidik juga telah berhasil mencapai tujuan yang di inginkan dalam mengimplementasikan metode pembelajaran membaca panduan. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran genius learning terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; literasi; reading guide.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ila Nur Aeni
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:16
Last Modified: 26 Apr 2024 03:16
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10293

Actions (login required)

View Item View Item