Implementasi Metode Jarimatika Terhadap hasil Belajar Siswa Materi Perkalian di Kelas III SD Al-Madany

Akmalia, Roza (2023) Implementasi Metode Jarimatika Terhadap hasil Belajar Siswa Materi Perkalian di Kelas III SD Al-Madany. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5 (1). pp. 2414-2421. ISSN 2685-936x

[img]
Preview
Text
roza akmalia.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
11095-Article Text-34115-1-10-20230110 (1) (1).pdf

Download (247kB) | Preview
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Abstract

1.) Latar belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemempuan siswa kelas III SD AL-MADANY dalam mempelajari matematika melalui materi perkalian. Oleh karena itu,peneliti menerapkan metode jarimatika untuk pembelajaran perkalian. 2.) Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD AL MADANY Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Pada tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 19 perempuan dan 16 laki-laki. 3.) Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melaksanakan dua siklus masing-masing siklus terdiri pertemuan. Setiap siklus diakhiri dengan soal evaluasi untuk mengetahui keberhasilan peningkatan belajar siswa pelaksanaan penelitian ini telah dilakukan dengan jadwal sebagai berikut: Siklus I pertemuan 1, siklus I pertemuan 2, siklus I pertemuan 3. Serta siklus II pertemuan 1, siklus II pertemuan 2, siklus II pertemuan 3. Subjek pada penelitian dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah semua siswa kelas III SD AL MADANY Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 27 siswa yang terdiri atas 19 laki-laki dan 16 perempuan. 4.) Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika kelas III di SD AL MADANY pada materi perkalian matematika meningkat. Hal tersebut terbukti 80% setelah menerapkan metode Jarimatika, banyak anak yang sudah bisa menghitung perkalian baik perkalian ratusan atau puluhan. 5.) Kesimpulan: Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian, serta bisa meningkatkan motivasi belajar siswa setelah menerapkan metode jarimatika dalam kegiatan pembelajaran lebih memudahkan siswa dalam memperoleh pemahaman dan memotivasi siswa untuk belajar sehingga mendapatkan hasil belajar itu baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jarimatika,Matematika, Siswa
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Roza Akmalia
Date Deposited: 08 May 2024 03:58
Last Modified: 08 May 2024 03:58
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item View Item