Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPAS Berbasis Outdoor Learning Pada Materi Tumbuhan Di Kelas IV

Andriani, Putri Pradita (2024) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPAS Berbasis Outdoor Learning Pada Materi Tumbuhan Di Kelas IV. TRIGONOMETRI: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2 (1). pp. 1-10. ISSN 3030-8496

[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL .pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
JURNAL PUTRI PRADITA ANDRIANI.pdf

Download (454kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.warunayama.org/index.php/trigonom...

Abstract

LKS merupakan media belajar cetak yang merupakan alat bantu untuk menyampaikan informasi dari pendidik kepada peserta didik dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran di luar kelas merupakan upaya untuk mengarahkan siswa untuk melakukan aktivitas yang bisa membawa siswa pada perubahan perilaku terhadap lingkungan sekitar. Oleh karena itu, mengajar di luar kelas (outdoor learning) bertujuan untuk mengakrabkan siswa dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS IPAS berbasis outdoor learning dan mengetahui validitas serta kepraktisan yang diperoleh dari respon siswa terhadap LKS IPAS berbasis outdoor learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sumbjek dari penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli media dan siswa kelas IV UPT SD Negeri 100 Gresik yang berjumlah 5 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket repon siswa. Hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu, 1) Hasil validasi LKS IPAS berbasis outdoor learning mendapat skor rata-rata 98% dari validasi ahli materi dan 96% dari validasi ahli media. LKS IPAS berbasis outdoor learning dikategorikan sangat valid karena validator menyatakan LKS IPAS berbasis outdoor learning layak diujicobakan. 2) LKS IPAS berbasis outdoor learning mendapat hasil 96% dari angket respon siswa dikategorikan sangat baik, sehingga LKS IPAS berbasis outdoor learning praktis untuk digunakan sebagai alat maupun sumber belajar bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: IPAS, Outdoor learning, Lembar Kerja Siswa, Tumbuhan
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Putri Pradita Andriani
Date Deposited: 08 May 2024 03:42
Last Modified: 08 May 2024 03:42
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item