Aulia, A'idah Raihanah Fitri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS UPT SD Negeri 74 Gresik. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4 (1). pp. 51-60. ISSN 3025-6488
Text
2020_TA_PGSD_200404072_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (211kB) |
|
Text (Artikel Publikasi)
2020_TA_PGSD_200404072_Artikel.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V UPT SD Negeri 74 Gresik. metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk meneliti hubungan sebab akibat yang timbul dari adanya perlakuan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji-T. Dalam penelitian ini populasi yang diambil yaitu siswa kelas V UPT SD Negeri 74 Gresik tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 40 peserta didik. Sampel diambil melalui pretest dan posttest. Dari hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan hubungan variabel model pembelajaran Inside Outside Circle (X) dengan variabel hasil belajar (Y) memiliki hasil perhitungan dengan menggunakan uji t-independent dengan taraf signifikan 0,005 diperoleh hasil 0,006 <0,05 dengan demikian artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inside Outside Circle, IPS |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | A'idah Raihanah Fitri Aulia |
Date Deposited: | 21 May 2024 02:46 |
Last Modified: | 21 May 2024 02:46 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10504 |
Actions (login required)
View Item |