Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas V MI Nurul Huda Sawahan Cerme

Achsan, Amrizal (2024) Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas V MI Nurul Huda Sawahan Cerme. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 25 (2). ISSN 2722-2632

[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL-AMRIZAL ACHSAN.pdf

Download (532kB) | Preview
Official URL: https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada kajian terhadap peran orang tua dalam memotivasi belajar pendidikan agama islam anaknya . Dan faktor-faktor yang menjadi kendala orang tua dalam memotivasi belajar anaknya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang trua dalam meotivasi belajar pendidikan agama islam anak anaknya. dan untuk mengetahui kendala kendala yang dihadapi orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anaknya. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa peran orang tua dalam menanamkan motivasi belajar melalui beberapa metode, yaitu: 1. Metode pembelajaran belajar yang afektif, 2. Metode keteladanan yang baik kepada siswa, 3. Memberikan nasehat, hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar ,dan 4. Pemberian reward. Dalam pelaksanaannya, tentu memiliki kendala-kendala yang bisa menghambat peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak, peneliti menemukan adanya kendala-kendala yang menjadi penghambat, yaitu lingkungan teman nya yang masih mau bermain, malas belajar, dan kecanggihan teknologi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar PAI Di Kelas V Mi Nurul Huda Sawahan Cerme Gresik.
Subjects: Islamic Religion > Islamic > Alquran > Hadist > Tasawuf > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Alquran > Hadist > Tasawuf > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Hadist > Tasawuf > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Akhlak

Islamic Religion > Islamic > Alquran > Hadist > Tasawuf > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak > Fiqih
Islamic Religion > Alquran > Hadist > Tasawuf > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak > Fiqih
Islamic Religion > Hadist > Tasawuf > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak > Fiqih
Islamic Religion > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak > Fiqih
Islamic Religion > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak > Fiqih
Islamic Religion > Muamalah > Aqidah > Akhlak > Fiqih
Islamic Religion > Aqidah > Akhlak > Fiqih
Islamic Religion > Akhlak > Fiqih
Islamic Religion > Fiqih

Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Amrizal Achsan
Date Deposited: 05 May 2025 03:19
Last Modified: 05 May 2025 03:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10722

Actions (login required)

View Item View Item