PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENGETAHUI KEAKTIFAN SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indriyani, Qonita (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENGETAHUI KEAKTIFAN SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Argopuro : Jurnal Multidisipli Ilmu Bahasa, 2 (5). pp. 92-102. ISSN 2988-6309

[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (242kB)
[img] Text
ARTIKEL QONITA INDRIYANI.pdf

Download (193kB)
Official URL: https://ejournal.warunayama.org/index.php/argopuro...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan siswa dengan menggunakan penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan apa saja hamabatan dalam pnerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian dilakukan pada seluruh siswa kelas IV UPT SDN 31 Gresik tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan keaktifan siswa, ketika model kooperatif tipe Two Stay Two Stray diterapkan di kelas IV rata-rata siswa menjadi lebih aktif meskipun masih ada 1 sampai 2 siswa yang masih pasif. Model pembelajaran ini mampu mendorong siswa untuk berinteraksi satu sama lain dalam kelompok kecil, siswa memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam diskusi kelompok, bertukar ide dan bekerjasama dalam melakukan tugasnya. Selain itu, ada hambatan yang terjadi pada proses penerapannya yaitu lamanya waktu untuk guru dan siswa dalam beradaptasi dengan model pembelajaran baru

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Keaktifan Siswa, Bahasa Indonesia
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Qonita Indriyani
Date Deposited: 23 Feb 2024 00:53
Last Modified: 23 Feb 2024 00:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item View Item