Wahyuni, Elma Qurnia Elok (2024) Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 15 (1). pp. 55-68. ISSN 2579-7646
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (79kB) |
|
Text (Artikel Publikasi)
17443-61318-1-PB ARTIKEL ELMA QURNIA ELOK WAHYUNI.pdf Download (657kB) |
Abstract
Riset berikut merupakan studi sosiologi dengan pendekatan multi-metode yang bertujuan untuk mengeksplorasi dampak matematika terhadap pemahaman matematika dan stres terhadap kemampuan pemecahan masalah. Riset berikut dilakukan pada Tahun Pelajaran 2023 dengan sampel referensi yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dengan margin of error sebesar 5%. Instrumen yang digunakan terdiri dari Kuesioner Kecemasan Matematis serta Tes Literasi Matematis dan Pemecahan Masalah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Temuan riset berikut dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat korelasi negatif yang signifikan antara kecemasan matematika dan pemahaman matematika, ditunjukkan oleh skor CR -12.288≤-1.967 dengan signifikansi 0.000≤0.05. (2) Hubungan negatif juga terlihat antara kecemasan matematika dan kemampuan pemecahan masalah, dengan nilai C.R -8.384≤-1.967 dan tingkat signifikansi sebesar 0.017≤0.05. (3) Sebaliknya, terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman matematika dan kemampuan pemecahan masalah, dengan nilai C.R 21.293≥1.967 dan tingkat signifikansi 0.000≤0.05
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Matematika, Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah. |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Elma Qurnia Elok Wahyuni |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 03:43 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11046 |
Actions (login required)
View Item |